ISTIQOMAH

Apa sih istiqomah itu? apa sih yang menyebabkan kita-kita ini bisa istiqomah dalam hal ibadah atau dalam kehidupan sehari-hari ?

Kajian kemarin tanggal 30 November 2008 membahas sedikit tentang istiqomah. Saya yang datang terlambat dan sambil terkantuk-kantuk, coba menulis di blog ini apa yang sempat saya catet waktu kajian itu.

Begini..

Istiqomah dalam hal agama artinya kurang lebih yaitu komitmen kita dalam melaksanakan apa-apa yang diperintahkanNya dan meninggalkan apa-apa yang dilarangNya secara terus menerus.

Trus, hal-hal apa saja sih yang bisa menyebabkan kita tuh istiqomah dalam ibadah dan amalan kita ?

Hal-hal yang bisa menyebabkan kita istiqomah antara lain :

1. Keimanan kita dalam agama. —> yakni diyakini di dalam hati, diucapkan di lisan dan dipraktekkan dalam amalan.

Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda:”Iman itu tujuh puluh cabang lebih atau enam puluh cabang lebih; yang paling utama adalah ucapan “la ilaha illallahu” dan yang paling rendah adalah menyingkirkan rintangan (kotoran) dari tengah jalan, sedangkan rasa malu itu (juga) salah satu cabang dari iman.” (HR. Muslim)

2. Kita beramal dengan amalan yang shalih. —> menjalankan apa yang diperintahkanNya dan menjauhi apa yang dilarangNya.

3. Ikhlas dalam setiap perkara dan amalan yang kita dilakukan, semata-mata untuk mencari ridha Allah Subhanahu wata’ala.

Kadang-kadang kita merasa kenapa kok kita melakukan amalan-amalan tidak bisa kontinyu terus-menerus ? —> Hal itu bisa jadi karena niat kita kurang ikhlas atau bahkan tidak ikhlas (jadi gak dapat pahala doong..)

4. Dalam kita melakuakn amalan, harus berada di pertengahan —> tidak boleh berlebih-lebihan (extreme) dan tidak boleh menyepelekan dalam beragama.

5. Senantiasa berpegah teguh pada Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Salallaahu ‘alaihi wassalaam. Tidak melaksanakan amalan-amalan bid’ah yang gak jelas sumbernya. Karena setiap bid’ah itu adalah sesat dan setiap kesesatan tempatnya di neraka.

Itu di antaranya yang sempat saya catat. Dan semoga bisa dijalankan agar bisa senantiasa istiqomah dalam setiap amalan kita.

Amiiiinn..

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: